Selasa, 30 Mei 2023

Modul 1.1.a.10 Penutup (Kategori Pengembangan diri)


Kategori pengembangan diri dan orang lain


Menunjukkan praktek pengembangan diri berdasarkan kesadaran dan kemauan dari diri sendiri


1.Saya bertanya kepada murid Hal apa yang sudah baik dari praktik mengajar saya

2. saya bertanya kepada murid apa yang belum mengerti dari praktek mengajar saya

3.saya meminta rekan sesama guru untuk melihat praktek saya mengajar

4. saya meminta rekan sesama guru untuk memberikan masukan setelah melihat praktek saya mengajar

5. saya membuat rencana pengembangan diri untuk perbaikan praktek mengajar berdasarkan catatan saya

6. Saya  mencatat kelebihan dan kekurangan dalam praktik mengajar

7. saya membuat rencana pengembangan diri untuk praktek mengajar berdasarkan masukan dari sesama teman kepala sekolah maupun murid


8.Saya berpartisipasi rutin dalam kegiatan pengembangan diri di organisasi atau komunitas profesi seperti KKG , MGMP atau gugus baik di dalam maupun di luar sekolah


9.Saya membuat rencana tidak lanjut untuk perbaikan praktek 

mengajar


10.


 Mengembangkan kompetensi warga sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran


9.Saya membantu rekan sesama guru mengidentifikasi persoalan pembelajaran

10. saya membantu menganalisa permasalahan pembelajaran teman sejawat

11. saya membantu rekan sesama guru untuk menemukan strategi pengembangan kompetensi diri berdasarkan kebutuhan belajarnya

12. saya mengajak rekan sesama guru untuk mengikuti pelatihan atau program pengembangan diri lainnya


 Berperan aktif dalam jejaring dan organisasi yang relevan dengan kepemimpinan sekolah untuk mengembangkan karir


13.Saya berpartisipasi rutin dalam kegiatan pengembangan diri di organisasi atau komunitas profesi seperti KKG , MGMP atau gugus baik di dalam maupun di luar sekolah

14. saya aktif mengambil peran dalam organisasi atau komunitas profesi

15. saya aktif berbagi praktek baik dengan rekan sesama guru di sekolah

16. saya aktif berbagi praktek baik dengan rekan sesama guru dari sekolah lain

17. saya aktif mempelajari praktek baik dalam kepemimpinan dan pembelajaran dari sekolah lain untuk diterapkan di lingkungan sekolah saya

18. saya berinisiatif menghasilkan karya dari hasil kegiatan jejaring dan organisasi


 Menunjukkan kematangan spiritual moral dan emosi untuk berperilaku sesuai dengan kode etik


19.Saya mampu mengelola stress Ketika saya mengalami kesulitan atau kegagalan dalam praktik mengajar yang saya ingin lakukan

20. saya mampu mengelola rasa marah saat murid saya menunjukkan perilaku yang tidak diharapkan

21. Saya bekerja sama dengan baik dengan rekan sejawat tanpa melihat agama, Suku, status, atau bentuk fisiknya.

22. saya mempertimbangkan norma moral dan etika dalam mengambil keputusan di kelas atau di sekolah

23. saya mendengarkan setiap pendapat murid dan meresponnya dengan sungguh-sungguh

24. saya mendorong murid untuk memperbaiki kondisi dan belajar dari kesalahannya ketika dia melakukan pelanggaran

25. saya menahan diri untuk  melakukan hal yang melanggar kode etik seorang pendidik


 Kategori kepemimpinan pembelajaran 


Memimpin Upaya pengembangan lingkungan belajar yang berpusat pada murid


26.Saya merencanakan lingkungan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid

27. saya mempraktikkan pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi murid untuk beraktivitas secara mandiri dan berkelompok

28. saya menyediakan waktu untuk murid-murid saya berdiskusi dan berpendapat selama pelajaran

29. saya memberikan pilihan kepada murid untuk mendemonstrasikan pemahamannya sesuai minat

30. saya menyediakan berbagai bentuk bahan ajar untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar murid

31. saya memberikan kesempatan kepada murid untuk memberi saran dan kritik terkait praktek pembelajaran

32. saya mengajak  rekan sejawat untuk merencanakan pembelajaran yang mendorong murid gemar belajar

33. saya mengajak sesama guru  melakukan pembelajaran yang mendorong murid gemar belajar

34. saya memandu pertemuan dengan rekan sejawat untuk mendiskusikan ragam materi pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid


 Memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid


35.Saya mengajak rekan sejawat  untuk saling mengobservasi proses  mengajar  satu sama lain dan memberikan umpan balik

36. saya mengajak rekan sejawat meragukan refleksi terkait perbaikan kualitas praktek pembelajaran

37. saya memandu rekan sesama guru untuk bersama menganalisis data hasil pembelajaran

38. saya dan rekan sesama guru merencanakan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis untuk meningkatkan pembelajaran


 melibatkan orang tua atau wali murid sebagai pendamping dan sumber belajar di sekolah


39.Saya mengidentifikasi profil orang tua atau wali murid dan mencatatnya

40. saya berkomunikasi dengan orang tua atau wali murid untuk membicarakan peran mereka dalam mendampingi murid belajar

41. saya berdiskusi dengan orang tua atau wali murid untuk mencari langkah efektif dalam mendampingi murid belajar

42. saya menyediakan kesempatan kepada wali murid atau orang tua murid untuk memberikan saran terkait pendampingan murid dalam belajar

43. saya menyediakan kesempatan untuk orang tua wali murid hadir di sekolah sebagai guru tamu.


 Kategori kepemimpinan manajemen sekolah 


Mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berorientasi pada murid


44.Saya mengajak warga sekolah untuk mengkaji ulang visi sekolah agar lebih berpihak kepada murid

45. saya mengajak warga sekolah untuk mensosialisasi visi sekolah yang berpihak kepada murid melalui berbagai media

46. saya mengajak warga sekolah untuk merefleksikan sesuai program sekolah dan visi pendidikan yang berpusat pada murid

47. saya mengajak warga sekolah untuk  mencoba pendekatan baru dalam mewujudkan Visi dan program sekolah

48. saya mengajak warga sekolah untuk merefleksikan sesuai program sekolah dengan visi pendidikan yang  berpihak kepada murid


Memimpin dan mengelola program sekolah yang berdampak kepada murid


49.Saya menyusun dan merencanakan program pembelajaran( ekstrakurikuler intra dan kokurikuler) di kelas atau sekolah sesuai dengan visi sekolah dan kebutuhan murid

50. saya berkolaborasi dengan warga sekolah untuk merancang dan menjalankan program pembelajaran ( intra,kurikuler maupun ekstrakurikuler) di kelas atau sekola

51. saya mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk menjalankan program pembelajaran yang berdampak kepada murid

52. saya melakukan pemantauan atau monitor pelaksanaan program Agar dapat mencapai tujuan program yang berdampak kepada murid

53. saya melakukan refleksi dan mengumpulkan umpan balik terkait ketercapaian program terhadap dampaknya pada kualitas belajar murid

54. saya melakukan rencana tindak lanjut setelah mengevaluasi ketercapaian program supaya lebih berdampak kepada murid


Kategori kepemimpinan pengembangan sekolah


Memimpin program pengembangan sekolah untuk mengoptimalkan proses belajar murid dan mendukung kebutuhan masyarakat di sekitar sekolah yang relevan


55.Saya melakukan pemetaan kebutuhan belajar  warga sekolah terkait pembelajaran

56. saya memotivasi rekan guru dan tenaga kependidikan di sekolah untuk menumbuhkan budaya belajar yang berpihak kepada murid

57. saya menyusun prioritas dan merancang program sesuai visi sekolah realistis serta mengacu peta kebutuhan warga sekolah


Melibatkan orang tua wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah.


58.Saya mengkomunikasikan pentingnya pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid kepada orang tua atau wali murid dalam masyarakat dengan berbagai cara atau media

59. saya menyediakan kesempatan bagi orang tua atau wali murid dan masyarakat untuk mengambil peran dalam pengembangan sekolah

60. saya mengkomunikasikan dampak hasil pengembangan sekolah pada peningkatan kualitas belajar murid kepada orang tua atau wali murid dan masyarakat


Lembar evaluasi diri guru penggerak


Pertanyaan panduan :

1. kompetensi apa yang sudah anda miliki atau lakukan

2. kompetensi Apa yang perlu Anda tingkatkan

3. kompetensi apa yang menjadi tantangan anda dalam melakukan Kompetensi ini sebelumnya


Pengembangan diri dan orang lain

# Menunjukkan praktek pengembangan diri berdasarkan kesadaran dan kemauan pribadi.

# mengembangkan kompetensi warga sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

# berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi yang relevan dengan kepemimpinan sekolah untuk mengembangkan karir

# menunjukkan kematangan spiritual moral dan emosi untuk berperilaku sesuai kode etik.


Kepemimpinan pembelajaran

# memimpin Upaya pengembangan lingkungan belajar yang berpusat pada murid

# memimpin perencanaan dan pelaksanaan proses belajar yang berpusat kepada murid

# memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat kepada murid

# melibatkan orang tua atau wali murid sebagai pendamping dan sumber belajar di sekolah



Kepemimpinan manajemen sekolah

#Mewujudkan dan mengembangkan visi sekolah yang berorientasi kepada murid

# memimpin dan mengelola program sekolah yang berdampak kepada murid.


Kepemimpinan manajemen sekolah

#Memimpin program pengembangan sekolah untuk mengoptimalkan proses belajar murid dan mendukung kebutuhan masyarakat sekitar sekolah yang relevan

# melibatkan orang tua atau wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah




Lembar Kerja rencana dan pengembangan kompetensi diri


Kategori : 

1.Pengembangan diri dan orang lain

2. kepemimpinan pembelajaran

3. kepemimpinan manajemen sekolah

4. kepemimpinan pengembangan sekolah


Lembar Kerja rencana dan pengembangan kompetensi diri dan refleksinya.


1.Apa kompetensi yang ingin anda kembangkan selama 6 bulan kedepan

2. apa indikator keberhasilannya dikatakan jika…

3. Apa strategi anda untuk mencapai kompetensi tersebut

4. Apa sumber daya dukungan yang anda butuhkan

5. Bagaimana cara mengatasi faktor penghambat atau tantangan untuk mencapai kompetensi tersebut





Lembar kerja kesepakatan peran cgp dan kepala sekolah

1.Apa yang anda lakukan agar tujuan pembelajaran tercapai

2. apa dukungan yang dibutuhkan agar dapat menjalankan pendidikan guru penggerak dengan baik

3. apa yang menjadi kekhawatiran dan yang menjadi harapan guru cgp


 Lembar kerja kepala sekolah

1. apa yang bisa kepala sekolah lakukan supaya Pembelajaran cgp dapat membantu proses transformasi sekolah

2.Apa kekhawatiran dan harapan terhadap program cgp

 dan terhadap guru cgp


Tidak ada komentar:

Posting Komentar