KONTEKS SOSIO-KULTURALDI DAERAH YANG SEJALAN DENGAN PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA
Kelompok A
KELAS 08.046 CGP ANGKATAN 8 KAB. TULUNGAGUNG
Fasilitator: Bapak Sugiharto
Pengajar Praktik: Bapak Santosa
Uswatun Hasanah
Ulfa Wahyu Utami
Sofiatul Muna
Rudi Asnawi
APAKAH YANG AKAN DIBAHAS DALAM RUANG KOLABORASI ?
1.Apa Kekuatan Konteks Sosio Kultural yang sejalan dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara?
dalam hal ini kelompok kami mengangkat tradisi Among dan Rewang.
AMONG
Dalam Budaya Jawa sebelum ada hajatan,seorang tokoh yang dituakan akan mengumpulkan warga untuk membuat panitia mulai dari ketua,sekertaris,bendahara,hingga devisi perdapuran.Pendistribusian job desk ini ditentukan dari skill dan kemampuan masing-masing anggota.
REWANG
Rewang adalah tradisi masyarakat sebagai salah satu cara membantu keluarga atau tetangga yang sedang mengadakan kenduri. pesta pernikahan, sunatan maupan perhelatan pesta adat lain dan harus membutuhkan bantuan tenaga untuk mengurus segala macam keperluan acara, terutama konsumsi dan juga jalannya acara. Tradisi ini biasanya ditemukan dalam hajat pernikahan.
2.BAGAIMANA PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DAPAT DIKONTEKSTUALKAN SESUAI NILAI LUHUR KEARIFAN BUDAYA DAERAH ASAL YANG RELEVAN SEKALIGUS SEBAGAI MASYARAKAT PADA KONTEKS LOKAL SOSIAL BUDAYA DAERAH ANDA ?
FILOSOFI KI HADJAR DEWANTARA
"PENDIDIKAN YAITU TUNTUNAN DI DALAM HIDUP.TUMBUHNYA ANAK-ANAK ADAPUN MAKSUDNYA PENDIDIKAN MENUNTUN SEGALA KEKUATAN KODRAT YANG ADA PADA ANAK, AGAR MEREKA SEBAGAI MANUSIA ANGGOTA MASYARAKAT DAPATLAH MENCAPAI KESELAMATAN DAN KEBAHAGIAAN SETINGGI- TINGGINYA.
NILAI-NILAI LUHUR YANG TERKANDUNG DALAM BUDAYA REWANG:
❤️.BERGOTONG ROYONG
❤️. TOLERANSI
❤️. TANGGUNG JAWAB
❤️. MUSYAWARAH
❤️. EMPATI
❤️. RELA BERKORBAN
❤️. KEIKHLASAN
❤️. SUKA MEMBANTU
"PENDIDIKAN PADA UMUMNYA BERARTI DAYA UPAYA UNTUK MEMAJUKAN BERTUMBUH NYA BUDI PEKERTI, PIKIRAN DAN TUMBUH ANAK"(Ki Hadjar Dewantara)
3. SEPAKATI SATU PEMIKIRAN KHD YANG MENEBALKAN LAKU MURID DI KELAS ATAU SEKOLAH ANDA YANG SESUAI DENGAN KONTEKS LOKAL SOSIAL BUDAYA DI DAERAH ANDA YANG DAPAT DITERAPKAN ?
"ANAK ANAK AKAN TUMBUH SESUAI KODRATNYA SENDIRI. PENDIDIDIK HANYA DAPAT MERAWAT DAN MENUNTUN TUMBUHNYA KODRAT ITU "(Ki Hadjar Dewantara)
A. KODRAT ALAM
SETIAP ANAK BERADA DILINGKUNGAN YANG BERBEDA. SEBAGAI ANGGOTA MASYARAKAT YANG TINGGAL DISEBUAH TEMPAT TINGGALNYA.LINGKUNGAN HARUS MENGIKUTI BUDAYA LINGKUNGAN
B. KODRAT ZAMAN
SEBAGAI PENDIDIK KITA HARUS MEMBEKALI KETERAMPILAN KEPADA SISWA SESUAI PERKEMBANGAN ZAMAN DIGITALISASI DI ABAD 21
C. BUDI PEKERTI
PERPADUAN CIPTA, RASA. KARSA SEHINGGA DAPAT MENCIPTAKAN KARYA.
4.PERMASALAHAN dan PENYELESAIAN
PERMASALAHAN
1. Sosio kultur dimasyarakat sudah mulai pudar
2. Masyarakat sudah mulai bersifat materialistis individualis.
PENYELESAIAN MASALAH
a. Kontinuitas (kesinambungan) Pengembangan dalam pendidikan harus berkesinambungan, dilakukan secara terus-menerus dengan perencanaan yang baik.Konteks Sosie-Kultur Yang Sejalan Dengan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang Ada Di Sekolah
b. Konvergen (menggabungkan ide] Pengembangan yang dilakukan dapat mengambil dari berbagai sumber di luar. KHD juga mengingatkan para pendidik untuk tetap terbuka namun tetap waspada terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.
c. Konsentris (pusat yang sama)
Pengembangan pendidikan yang dilakukan harus tetap berdasarkan kepribadian kita sendiri. Tujuan pendidikan adalah menuntun tumbuh kembang anak secara maksimal sesuai dengan karakter kebudayaanya sendiri.
5 Konteks Sosio Kultural yang Sejalan Dengan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Yang Ada Di Sekolah
1. Jum'at Bersih
2. Piket Kelas
VISUAL PPT


















Tidak ada komentar:
Posting Komentar